Press Release Dialog Bersama Dekanat FMIPA

Posted on Posted in Uncategories

Rabu, 16 Oktober 2013 telah dilaksanakan kegiatan Dialog dengan Dekan  di gedung Student Center FMIPA IPB. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FMIPA, sekertaris FMIPA bidang kemahasiswaan dan Mahasiswa FMIPA.  Kegiatan diawali dengan penyampaian hasil kuesioner FMIPA Bersuaraoleh Ketua Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FMIPA yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Dekan dan Diskusi. Pemaparan oleh Dekan terkait pelayanan akademik, kesejahteraan mahasiswa, dan fasilitas di FMIPA.

Pelayanan dibagi menjadi dua ranah yaitu departemen dan fakultas. Pelayanan Fakultas berkaitan dengan tugas Dekan yaitu koordinasi, jaminan mutu (memastikan segala kegiatan yang ada di departemen sesuai dengan standar) dan pengembangan. Untuk mendukung tugas tersebut, Dekan beserta jajaran sudah melakukan Lokakarya Kemahasiswaan yang bertujuan untuk memfokuskan program kerja Lembaga Kemahasiswaan FMIPA khususnya Himpro pada bidang keilmuan.

Setiap departemen memiliki komisi kemahasiswaan sehingga harapannya jika Himpro mengalami kendala atau masalah bisa menghubungi Komisi kemahasiswaan terlebih dahulu. Dengan kata lain Mahasiswa harus bisa memfungsikan pelayanan departemen secara maksimal.

Dekanat selalu mengontrol hal terkait kesejahteraan mahasiswa. Upaya pengontrolan yang dilakukan antara lain dengan mencari sosuli dalam menghadapi malah terkait lamanya waktu kelulusan mahasiswa FMIPA. Selain itu dekanat memberikan bantuan dana kepada mahasiswa yang mengikut iajang kompetisi bergengsi di luarnegeri.  Dekanat berharap mahasiswa dapat bekerja sama dalam membantu mahasiswa yang bermasalah dalam akademik maupun keuangan.

 

Pemaparan seputar Fasilitas di FMIPA antara lain Mushola dan ruang kelas. Mushola yang berada pada node antara RK U, RK X dan ex Lab. Kimia TPB sebenarnya bukan milik FMIPA. Berdasarkan SK Rektor, pengelolaan mushola diserahkan ke DKM Al-Hurriyah. Meskipun demikian, Mahasiswa harus bisa merawat dan menjaga mushola secara bersama-sama. Berdasarkan Master Plan pembangunan IPB, RK X, U dan R merupakan milik Fahutan. Namun, berdasarkan kesepakatan terakhir RK. U dapat dikelola oleh FMIPA (status masih berupa pinjaman). Rencananya lantai dua dan tiga untuk ruang kuliah sedagkan lantai satu akan dipergunakan untuk ruang baca.

 

Setelah pemaparan oleh Dekan dilanjutkan dengan diskusi yang berupa Tanya jawab. Berikut hasil didkusi.

  1. Jam pelayanan Mahasiswa sebenanarnya pukul 08.00-16.00 namun pelaksanaan efektifnya yaitu pukul 09.00-15.00. Hal ini berkaitan dengan jam kerja karyawan dan jadwal bis. Karyawan IPB sangat bergantung pada bis antar jemput. Pagi hari kondisi jalanan kota Bogor sulit diprediksi terkadang macet sehingga karyawan pun telat. Selain itu sore hari karyawan mengejar bis antar jemput yang berangkat pukul 15.30.
  2. Masukan ke Dekanat berupa pengadaan papan di tempat strategis untuk mengetahui masalah akademik. Dekanat akan mencoba mengadakannya dan akan dilihat kebermanfaatannya. Namun Dekanat khawatir jika papan cepat hilang.
  3. Usulan pengadaan “English Day”. Dekanat mengatakan bahwa FMIPA belum siap untuk mengadakan “English Day” sebab belum siapnya SDM FMIPA. Meskipun demikian, Tahun 2014 akan ada program  dari dekanat yaitu kegiatan yang berbidang bahasa Inggris, yaitu TOEFL. Akan ada tes dan pelatihan. Hal ini dipersiapkan untuk menghadapi pascakampus.
  4. Sofa yang ada di Dekanat sebenarnya tidak untuk dipinjamkan. Namun, jika peminjaman dilakukanbkan pada jam kerja bisa dikomunikasikan.
  5. Dana pembayaran kelas pengganti sebenarnya tidak dibebankan kepada mahasiswa jika kesalahan diakibatkan oleh dosen atau asisten.
  6. Kantin dikelola oleh direktorat bisnis. FMIPA dinilai belum punya lahan untuk kantin. Cluster FMIPA recananya ada pada pembangunan IPB di tahap empat.
  7. Terkait perbaikan SC FMIPA prosedurnya bertele-tele dan saat ini sudah pada tahap lelang kemudian mengunggu pemenang tender.
  8. Saran perpustakaan FMIPA mengacu kepada perpustakaan IPB yaitu ketika jam istirahat hanya administrasinya saja yang tutup, bukan perpustakaannya. Menurut Dekanat hal ini belum bisa diterapkan karena sistem keamanan yang belum memadai.
  9. Terkait ruangan yang rusak, rektor meminta dekan untuk mengajukan perbaikan ruangan dan Dekan sudah menginstruksikan kepada setiap departemen.
  10. Tidak ada standar sarana dan prasarana di setiap departemen.
  11. Menurut Master Plan IPB, pembangunan Auditorium FMIPA akan ada di depan masjid Al-Hurriyah.
  12. Untuk pengadaan air gallon mungkin akan diadakan di SC atau di departemen masing-masing.

dialog with dekan

Gambar 1  Dialog bersama Ibu Sri, Dekan FMIPA dan ibu Sekertaris Dekanat bidang Kemahasiswaan

 

dialog with dekan 2 dialog with dekan 3

Gambar 2 dan 3  Suasana  penyampaian aspirasi dan dialog bersama Dekanat FMIPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *